PKPU

Berita Korporasi

Kader Klaster Berdaya Desa Katongan Laksanakan Home Visit Masyarakat Dusun Jeruk Legi

Monday, June 5th, 2017

Katongan – Salah satu tantangan pembangunan sanitasi di Indonesia adalah masalah sosial budaya dan perilaku penduduk yang terbiasa buang air besar (BAB) di sembarang tempat, khususnya ke badan air yang juga digunakan untuk mencuci, mandi dan kebutuhan higienis lainnya. Dengan pendekatan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM), masyarakat mau berubah bahkan membuat fasilitas sanitasinya dengan biayanya sendiri.

Dalam rangka melakukan evaluasi pendampingan Program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) yang dilakukan di Dusun Jeruk Legi, Fasilitator PKPU Human Initiative bersama kader Klaster Berdaya Desa Katongan melakukan Home visit ke rumah anggota tabungan jamban (4/6).

Sebelum pelaksanaan home visit, kader melakukan brifing di rumah Pak Suharto selaku koordinator kader. Semua kader Klaster Berdaya hadir dalam agenda rutin tersebut. Pada pelaksanaannya, kader dibagi menjadi 3 kelompok dimana setiap kelompok akan melakukan home visit kepada 6 orang anggota tabungan jamban. Dari 18 warga yang didatangi, diketahui sejumlah 15 orang sudah membangun jamban dan 3 orang lainnya sedang proses pembangunan.

Selain melakukan evaluasi prilaku masyarakat, saat pelaksanaan home visit kader juga terus mengingatkan warga untuk bisa melakukan pilar STBM. Dimana dalam home visit tersebut, kader juga meminta warga untuk mempraktekkan budaya Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) yang pernah disampaikan pada pertemuan masyarakat sebelumnya.

“Sekarang sudah gak sibuk numpang lagi pak, saya dan keluarga jadi mudah BAB-nya, makasih ya pak” ujar Pak Yahmen salah satu warga Dusun Jeruk Legi.

PKPU Human Initiative terus berupaya melakukan penyadaran terhadap masyarakat rural dan pedesaan khususnya, agar terus melakukan perubahan perilaku untuk hidup bersih dan sehat. (Dimiyati/Gie/PKPU_HI)

WhatsApp Image 2017-06-05 at 10.26.39 WhatsApp Image 2017-06-05 at 10.26.41 WhatsApp Image 2017-06-05 at 10.26.42 WhatsApp Image 2017-06-05 at 10.26.44 WhatsApp Image 2017-06-05 at 10.26.45

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather